Ayat dan Hadist Shahih tentang Bunuh Diri

Firman Allah subhanallah wa ta'ala:
“Dan janganlah kamu membunuh dirimu sungguh Allah maha penyayang kepadamu”. (QS. An-Nisa`: 29)


Bersabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam:
"Barangsiapa yang bunuh diri dengan besi di tangannya, dia (akan) menikam perutnya di dalam neraka jahannam yang kekal (nantinya), (dan) dikekalkan di dalamnya selama-lamanya. Dan barangsiapa yang meminum racun lalu bunuh diri dengannya, maka dia (akan) meminumnya perlahan-lahan di dalam neraka jahannam yang kekal, (dan) dikekalkan di dalamnya selama-lamanya. Dan barangsiapa yang bunuh diri dengan menjatuhkan dirinya dari atas gunung, dia akan jatuh ke dalam neraka jahannam yang kekal (dan) dikekalkan di dalamnya selama-lamanya." (Shahih Bukhari dan Muslim) 

Dalam riwayat lain Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam bersabda:
“Barang siapa yang membunuh dirinya dengan sepotong besi, maka besinya itu akan berada ditangannya. Dia akan menikam perutnya dengan pisau itu didalam neraka dalam keadaan kekal didalamnya selama-lamanya. Barang siapa yang menenggak racun, lalu ia membunuh dirinya dengan racun itu, maka ia akan meminumnya sedikit-demi sedikit dalam neraka Jahannam dalam keadaan kekal di dalamnya selama-lamanya. Barang siapa yang menghempaskan dirinya dari gunung sehingga dia membunuh dirinya, maka dia akan terhempas dalam neraka dalam keadaan kekal di dalamnya selama-selamanya.”  [Shahih Muslim]

Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam bersabda:
"Barangsiapa yang membunuh dirinya dengan sesuatu di dunia, maka dia disiksa dengan (alat tersebut) pada hari kiamat." (Shahih Bukhari dan Muslim)




Jadi, siapa yang bilang bahwa bunuh diri adalah jihad? 


Baca Juga : Hadist Shahih : Cara Memilih Teman dan Sahabat





0 Response to "Ayat dan Hadist Shahih tentang Bunuh Diri"

Post a Comment

Jangan nyepam ya..