Melakukan Dosa Besar Berulang-ulang? Begini Cara Tobatnya

Dari Nabi shalallahu 'alaihi wassalam dalam hadist qudsi, beliau bersabda:


Seorang hamba melakukan satu perbuatan dosa lalu berdoa:  "Ya Allah, ampunilah dosaku". 

Allah Taala berfirman: "Hamba-Ku telah berbuat dosa dan dia mengetahui bahwa dia mempunyai Tuhan yang akan mengampuni dosa atau akan menghukum karena dosa itu."

Kemudian orang itu mengulangi perbuatan dosa, lalu berdoa lagi:  "Wahai Tuhan-ku, ampunilah dosaku."

Allah Taala berfirman:  "Hamba-Ku telah berbuat dosa dan dia mengetahui bahwa dia mempunyai Tuhan yang akan mengampuni dosa atau menyiksa karena dosa itu."

Kemudian orang itu melakukan dosa lagi, lalu berdoa: "Wahai Tuhanku, ampunilah dosaku."

Allah Taala berfirman:  "Hamba-Ku telah berbuat dosa dan dia mengetahui bahwa dia mempunyai Tuhan yang akan mengampuni dosa atau menghukum karena dosa itu serta berbuatlah sesukamu, karena Aku benar-benar telah mengampunimu."



Abdul A`la berkata: "Aku tidak mengetahui apakah Allah berfirman "berbuatlah sesukamu" pada yang ketiga kali atau keempat kali." (Shahih Muslim)


Dalam riwayat yang lain Rasulullah sholallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Alloh subhanahu wa ta’ala berfirman, “Wahai anak Adam, sepanjang engkau memohon kepada-Ku dan berharap kepada-Ku akan Aku ampuni apa yang telah kamu lakukan. Aku tidak peduli. Wahai anak Adam, jika dosa-dosamu setinggi awan di langit kemudian engkau meminta ampunan kepada-Ku akan Aku ampuni. Wahai anak Adam, sesungguhnya jika engkau datang membawa kesalahan sebesar dunia, kemudian engkau datang kepada-Ku tanpa menyekutukan Aku dengan sesuatu apapun, pasti Aku akan datang kepadamu dengan ampunan sebesar itu pula.” (HR. Tirmidzi, dari Anas bin Malik rodhiallahu ‘anhu)




Di sini bukan berarti bermudah-mudah dalam melakukan dosa, tapi ini tentang luasnya ampunan Allah dan dilarang berputus asa dari ampunan Allah. Maka perbanyaklah istighfar.

Wallahu a'lam.



Baca juga : Menyambung Rambut itu Haram Loh !! Tatto Jugak !!

0 Response to "Melakukan Dosa Besar Berulang-ulang? Begini Cara Tobatnya"

Post a Comment

Jangan nyepam ya..