Silsilah Hadist Palsu dan Lemah tentang Talqin Mayit

Permasalahan talqin Mayit merupakan salah satu hal yang krusial dan perlu difahami secara benar, sehingga di dalam melaksanakannya perlu ada nash yang pasti: shahih, sharih (jelas) dan kuat.


(Silsilah Hadits-Hadits Masyhur) Masalah Talqin Mayit Setelah DiKuburkan

Hadist 1

"Menalqin Mayit adalah setelah dikuburkan"  

(Kualitas Hadist: SANAD DLA'IF/LEMAH)


Hadist 2
“Bila seorang laki-laki di antara kamu meninggal dunia, lalu kamu kuburkan ia, maka hendaklah salah seorang di antara kamu berdiri di dekat kepalanya, lalu hendaklah ia mengatakan, ‘Hai Fulan bin Fulanah.!’ Sebab ia akan mendengar. 

Hendaklah ia mengatakan, ‘Hai Fulan bin Fulanah.!’ Sebab ia akan duduk lurus. 

Hendaklah ia mengatakan, ‘Hai Fulan bin Fulanah.!’ Sebab ia akan mengatakan, ‘Berilah aku petunjuk, berilah aku petunjuk, semoga Allah merahmatimu.!’ 

Hendaklah ia mengatakan, ‘Ingatlah ucapan yang kamu bawa keluar dari dunia; persaksian bahwa tiada tuhan (yang berhak disembah) selain Allah semata, Yang tiada sekutu bagiNya dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya, hari Kiamat pasti datang, tiada keraguan padanya dan Allah akan membangkitkan orang yang berada di dalam kubur. Sebab masing-masing dari Munkar dan Nakir memegang tangan temannya seraya berkata kepadanya, ‘Apa yang harus kami lakukan terhadap seorang laki-laki yang telah menalqinkan hujjahnya.? Maka Allah-lah yang akan memberikan hujjah kepada keduanya untuk membelanya.”

KUALITAS HADITS  :  
“MUNKAR" sebagian yang lain mengatakan MAUDHU’ (PALSU)



(Silsilah Hadits-Hadits Masyhur) Masalah Talqin Mayit Setelah DiKuburkanSyaikh Muhammad Luthfiy ash-Shabbâgh selanjutnya berkata, "Sedangkan menalqinkan mayit sebelum meninggal (saat menghadapi sakarat) dengan kalimat Tauhid, maka hal ini memang valid dan banyak sekali hadits-hadits Shahîh yang menegaskan hal itu..."

SUMBER:  
Silsilah al-Ahadits adh-Dha’ifah Wa al-Maudhu’ah karya Syaikh al-Albani




Baca juga :
  1. Hadis Lemah tentang Thalaq (Talak) Cerai
  2. Silsilah Hadis Palsu dan Lemah tentang Akal
  3. Silsilah Hadis Palsu dan Lemah tentang Bulan Ramadhan
 

0 Response to "Silsilah Hadist Palsu dan Lemah tentang Talqin Mayit"

Post a Comment

Jangan nyepam ya..