Cara Membuat Kolam Budidaya Ikan Nila Paling Praktis (Part 1)

Cara Praktis Membuat Kolam Budidaya Ikan Nila
Kolam tanah dinding lapis plastik
Gali Tanah
Pertama, tetapkan luas kolam yang akan digali, tentukan garis batas kolam. Baru yang kedua mulailah menggali lapisan tanah sedalam kurang lebih 30 cm. Bagian tanah galian ini langsung diaplikasikan untuk membuat dinding kolam setinggi 20 cm. Jadi tinggi dinding kolam total sekitar 50 cm dengan lebar kurang lebih 75 cm, biar bisa buat lari-larian kalau mau ngasih makan, hhee. Dinding kolam dibuat trapesium. Lebar di bagian bawah sekitar 1 m dan menyempit di bagian atas jadi 75 cm tadi. Biar kokoh mirip konstruksi pondasi. Tapi tentunya semakin lebar dinding kolam ini akan semakin memakan tempat. Jadi sesuaikan aja lebar dindingnya dengan luas kolam.

Membuat saluran air
Ingat, jumlah saluran air minimal ada 3 di setiap kolam. Berapa? TIGA!!. Yaitu saluran air masuk, saluran pembuangan pengatur debit air, dan saluran pembuangan untuk menguras kolam. Ketiga saluran ini merupakan bagian vital dari kolam ikan. Saluran air ini bisa dibuat dengan selongsong bambu atau pipa PVC. Soal ukuran sesuaikan aja tergantung kebutuhan, juga tergantung pasokan air masuk. Jangan lupa dipasangi jaring agar tidak ada binatang apapun yang bisa keluar masuk kolam. Berikut adalah pengaturannya:

Pertama, posisi paling atas adalah saluran air masuk tentunya, sebagai pemasok air. Kalau bisa carilah air yang mengalir tujuh hari seminggu, alias nonstop. Bisa air sungai, air sawah, atau kalau mau boros ya air pam. 

Yang kedua adalah saluran pembuangan, atau saluran air keluar. Fungsinya untuk menjaga debit air di dalam kolam agar tetap stabil. Sayang banget kan kalau hujan turun tiba-tiba trus air dalam kolam mbludak, alias luber. Gagal panen dong bisa-bisa. Ikan-ikannya malah pada kabur gak mau pulang. Posisi bagusnya lebih rendah daripada saluran masuk.

Jarak antar saluran masuk dan keluar harus dibuat sejauh mungkin. Letak saluran masuk dan keluar sebisa mungkin bersilangan, jangan sejajar. Gunanya agar terjadi sirkulasi air dalam kolam. Air yang masuk tidak langsung keluar, melainkan muter-muter dulu, trus baru menggantikan air lama. Kuantitas debit air di dalam kolam bisa disesuaikan sesuai kebutuhan, sekitar 20-30 cm kedalaman air. Yang penting air keluar-masuk lancar, tetap mengalir untuk menjaga kualitas air.

Yang ketiga adalah saluran untuk menguras kolam. Posisi berasa di dasar kolam. Ukuran pipa harus lebih besar daripada pipa saluran keluar-masuk air tadi. Biar saat menguras kolam gak kelamaan nunggu. Pipa penguras ini bisa juga dijadikan saluran kontrol pembuangan. Caranya dengan manyambung pipa dari dalam kolam, yang di dasar trus dibelokkan ke atas, pake sambungan pipa tentunya. Jadi mirip teropong kapal selam itu. Ah susah ngejelasinnya. Intinya yaitu berfungsi untuk menjaga ketinggian air di dalam kolam agar tetap stabil juga. Jadi saluran kontrol ini hanya untuk back up pembuangan saluran air poin kedua tadi. Kalau air terlalu tinggi karena ada air masuk yang tidak diinginkan ke kolam, bisa keluar lewat lubang kontrol ini.

Cara Praktis Membuat Kolam Budidaya Ikan Nila
Penggalian dan pengeringan kolam nila


Membuat kemalir
Makhluk apa lagi kemalir itu? Saluran kemalir juga bagian penting dari kolam ikan. Kemalir adalah parit yang ada di dasar kolam, kedalamannya sekitar 20 cm, lebarnya kecil aja, seperempat luas kolam. Kemalir berfungsi untuk membantu pemanenan, menampung endapan sisa makanan, mengendapkan lumpur berbahaya dan mengatur aliran air bawah. Lihat gambar kolam yang ditengah-tengah itu ada parit biar lebih jelas. Tapi itu kurang dalam, karena udah mencapai tanah keras, alias batu. jadi hanya dibuat lebih lebar.

Itulah cara praktis membuat kolam tanah budidaya ikan nila tahap pertama. abis itu gimana? abis itu diemin aja dulu sekitar 3 harian, alias pengeringan kolam biar kuman-kuman pada mati, untuk netralisir, dst. 

Untuk yang mau buang waktu, baca artikel selanjutnya di sini:  
Cara Membuat Kolam Budidaya Ikan Nila Paling Praktis (Part 2)

2 Responses to "Cara Membuat Kolam Budidaya Ikan Nila Paling Praktis (Part 1)"

  1. info yang sangat bermanfaat sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengkyu udah mau-maunya berkunjung gan, :D

      Delete

Jangan nyepam ya..