Hadist shahih Tentang Talqin Mayit

Sebelum Meninggal

Rasulullah salallahu 'alaihi wassalam bersabda:
“Talqinlah orang yang akan meninggal dunia diantara kalian dengan La Ilaha Illallah. Barang siapa yang akhir ucapannya saat akan meninggal dunia La Ilaha Illallah niscaya dia akan masuk surga suatu ketika, meskipun sebelumnya dia tertimpa sesuatu.” (HR. Muslim, Ibnu Hibban dan Bazzar)

Dari Anas radhiallahu 'anhu berkata :
Rasulullah pernah menjenguk salah seorang sahabat anshor. Beliau bersabda: "Wahai paman, katakanlah La Ilaha Illallah.” (HR. Ahmad)

Sesudah Dikuburkan

Dari Utsman bin Affan radhiallahu 'anhu berkata : 
"Apabila Rosululloh telah selesai menguburkan mayit, maka beliau berdiri padanya dan bersabda : Mohonlah ampun untuk saudara kalian, dan mohonlah kemantapan baginya, karena dia sekarang ditanya.” (HR. Abu Dawud)



Jadi, Sebenarnya perkara talqin adalah BUKAN dengan membacakan surat yasin sebelum meninggal, melainkan dengan membimbing mengucapkan kalimat tauhid.

Dan, BUKAN dengan mengajari (mendikte) mayit untuk menjawab pertanyaan Malaikat Mungkar dan Nakir setelah dikuburkan (Allah adalah Tuhanku, Al Qur'an adalah kitabku.. dst), melainkan dengan memohonkan ampun kepada Allah dan mendoakan agar si mayit mempunyai kemantapan (keteguhan) saat menghadapi fitnah kubur, yaitu saat menjawab pertanyaan Malaikat Mungkar dan Nakir di alam barzakh. Wallahu a'lam.






1 Response to "Hadist shahih Tentang Talqin Mayit"

  1. Artikel yang menarik..
    Salam dari sahabat di Jogja...^_^

    Universitas Islam Indonesia
    http://uii.ac.id/

    ReplyDelete

Jangan nyepam ya..