Lari-larian Mendatangi Sholat Jamaah Saat Masbuk?


Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  
"Jika kalian mendengar iqamat dikumandangkan, maka berjalanlah menuju shalat dan hendaklah kalian berjalan dengan tenang berwibawa dan jangan tergesa-gesa. Apa yang kalian dapatkan dari shalat maka ikutilah, dan apa yang kalian tertinggal maka sempurnakanlah." (Shahih Bukhori)


Dalam Riwayat lain,

Telah menceritakan kepada kami Abu Nu'aim berkata, telah menceritakan kepada kami Syaiban dari Yahya dari 'Abdullah bin Abu Qatadah dari Bapaknya ia berkata, Ketika kami shalat bersama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau mendengar suara gaduh orang-orang.

Maka setelah selesai, beliau bertanya: "Ada apa dengan kalian?" 
Mereka menjawab, "Kami tergesa-gesa mendatangi shalat." 
Beliau pun bersabda: "Janganlah kalian berbuat seperti itu. Jika kalian mendatangi shalat maka datanglah dengan tenang, apa yang kalian dapatkan dari shalat maka ikutilah, dan apa yang kalian tertinggal maka sempurnakanlah."
(Shahih Bukhori)


Kemarin abis mendengarkan kajian soal ini, tentang masih banyaknya orang yang berlari-larian saat mendatangi sholat karena masbuk. Padahal kalo udah masbuk ya udah, tinggal disempurnakan. Kalau datang sambil lari-larian malah nyampe masjid udah ngos-ngosan. Yakin khusyu'?


Entri Sejenis:
  1. Lewat Depan Orang Sholat dan Tentang Sutrah
  2. Rapatkan Shaf Sholat Berjama'ah

0 Response to "Lari-larian Mendatangi Sholat Jamaah Saat Masbuk?"

Post a Comment

Jangan nyepam ya..