Hadist Shahih : Mukjizat Bulan Terbelah

Hadis riwayat Abdullah bin Masud radhiallahu 'anhu, ia berkata:
Bulan terbelah menjadi dua pada masa Rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam, lalu Rasulullah bersabda: "Saksikanlah oleh kalian!" (Shahih Muslim No.5010)

Hadis riwayat Anas radhiallahu 'anhu, ia berkata:
Bahwa penduduk Mekah meminta kepada Rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam untuk diperlihatkan kepada mereka satu mukjizat (tanda kenabian), maka Rasulullah memperlihatkan kepada mereka mukjizat terbelahnya bulan sebanyak dua kali. (Shahih Muslim No.5013)

Hadis riwayat Ibnu Abbas radhiallahu 'anhu:
Sesungguhnya bulan pernah terbelah pada masa Rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam. (Shahih Muslim No.5015)

Filman Allah ta'ala dalam Al Qur'an surat Al Qamar:
Telah dekat (datangnya) saat itu dan telah terbelah bulan. Dan jika mereka (orang-orang musyrikin) melihat sesuatu tanda (mukjizat), mereka berpaling dan berkata: "(Ini adalah) sihir yang terus menerus". (54:1-2) 





Jadi, dulu bulan pernah terbelah. Benar-benar terbelah dalam makna sebenarnya. Kita wajib meyakini hal itu. Mengenai penelitian NASA yang mengkonfirmasi bahwa bulan memang pernah terbelah, kita sebagai umat islam tidak perlu terlalu "gumunan" atau heboh kepada NASA soal ini. Biarin aja, tidak perlu dirisaukan. Namanya penelitian setiap waktu bisa berubah. Bisa jadi sekarang NASA mendukung apa yang ada di AL-Qur'an, bisa jadi suatu saat membantah. 

Karena Al-Qur'an adalah kitab aqidah, bukan kitab sains. Para Ulama sudah sering menekankan soal  ini. Saat hasil riset sains sejalan dengan Qur'an, ya alhamdulilah. Contohnya hasil riset mengenai bahaya daging babi. Tapi ingatlah, betapa banyak hasil riset sains yang menyatakan bahwa minuman keras (khamr) itu baik untuk kesehatan. Masih mau gumun?

Baca Juga :
Hadist shahih Tentang Talqin Mayit

0 Response to "Hadist Shahih : Mukjizat Bulan Terbelah"

Post a Comment

Jangan nyepam ya..