Panen Jahe Media Polybag Mencapai 20kg, Omong Kosong!!

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air. Khususnya para petani Jahe. Baik itu jahe gajah, jahe merah, maupun jahe emprit. Saya katakan, jangan pernah tergiur oleh promosi bombastis yang menyatakan bahwa panen jahe dalam polybag atau karung bisa mencapai 20kg bahkan lebih. jangan sekali-kali. Jangan biarkan mereka menjual omong kosong belaka. Jangan percaya informasi-informasi sesat yang mereka bawa. 

Bahwasanya tujuan mereka hanya ingin menjual produk. Entah itu pupuk organik cair, pupuk bokashi, ataupun bibit jahe itu sendiri. Apakah ada yang pernah menyaksikan sendiri mereka panen dengan hasil 20kg per polybag?

Panen Jahe Media Polybag Mencapai 20kg, Omong Kosong!!
Sayang gak nyampe 20kg

Silahkan cari referensi ilmiah tentang rata-rata hasil panen jahe di indonesia. Silahkan cari referensi ilmiah mengenai negara-negara eksportir jahe terbesar si dunia. Indonesia urutan berapa? Iya, Indonesia raya menempati urutan ke-enam. Sedangkan berada di tingkat teratas adalah India, diikuti China, dan Nepal. Tahukah anda bahwa rata-rata produksi jahe di India hanya 50 ton per hektar? Begitu pula di China. Mereka berkontribusi sebesar 20-30% terhadap total produksi jahe dunia. Tahukah anda bahwa negara terluas di dunia adalah termasuk China dan India? Tahu kan bahwa penelitian di China jauh lebih maju dibanding Indonesia tercinta? Tahukah anda bahwa hasil panen jahe di Indonesia rata-rata hanya 30 ton per hektar? tahukah anda bahwa dalam satu polybag paling hasil panen jadi 1-2 kg?

Lantas kenapa ada orang Indonesia yang berani membodohi semua petani Jahe dengan mengatakan hasil panen jahe dalam polybag bisa mencapai lebih dari 20kg? Atau mengatakan di lahan sesempit kurang lebih 3x2 m bisa menghasilkan produksi jahe sebesar 1 ton? Kurang besar gimana lagi mulut orang indonesia ini? Silahkan hitung sendiri, berapa ratus ton hasil panen jahe dalam satu hektar, jika satu polybag bisa menghasilkan 20kg. HADEEEEH..!!!

Seandainya apa yang mereka katakan adalah kebenaran, maka seharusnya Indonesia sudah merajai dunia persilatan. Indonesia sudah memecahkan rekor dunia yang mungkin tidak akan terkalahkan sepanjang masa. Indonesia akan menjadi negara pengekspor jahe terbesar di dunia dan akhirat. Akan tercatat dalam sejarah bahwa Indonesia ternyata sukses tak tertandingi bisa menghasilkan produksi panen Jahe ratusan ton per hektar. Bukankah itu akan menggemparkan?

Para petani Jahe, be realistic!
Para sales pupuk, do not selling bullshit to indonesian farmer!! 


Baca juga :
  1. Musim tanam Jahe = Awal Musim Hujan 
  2. Persiapan Media Tanam Jahe Menggunakan Pagar Bambu

3 Responses to "Panen Jahe Media Polybag Mencapai 20kg, Omong Kosong!!"

  1. right .... nice posting :) i like

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengkyu udah mau-maunya berkunjung gan :)

      Delete
  2. bagus banget sharingya gan...jadi terbuka wawasannya..mantaff

    ReplyDelete

Jangan nyepam ya..